Senin, 19 September 2011

MENIKMATIPAGIDIHARISABTU DENGAN SECANGKIR KOPI BUATAN ISTRI



Menikmati pagi hari dirumah (lagi) dengan "Bintang" kecilku adalah kenikmatan setelah perjalanan ulak-alik keluar kota tiap minggu. bangun lalu dipakaikanya sepatu dan bermain sepeda roda tiganya dengan tujuan warung soto sawah. tempat tujuan kita sama tapi obsesinya berbeda, jika saya berharap bisa sarapan, maka si Bintang menginginkan melihat "air terjun" (katanya) diselokan samping Warung Soto sawah. warung soto yang selalu ramai dikunjungi orang apalagi jika hari libur... selesai makan, Bintang terus merengek untuk segera melihat air terjun, dan segera kita menuju samping warung, wajahnya betapa ceria melihat air selokan yang pada waktu itu jernih mengalir menuju pintu air dan meluncur deras jatuh karena ada perbedaan tinggi dasar yang mengakibatkan air terjun. air yang tadinya bersifat aliran sub kritis berubah menjadi aliran super kritis. ketika sebuah peristiwa kritis muncul akan mendorong sebuah bentuk berubah secara tiba-tiba. dalam hal ini ailiran yang tadinya bersifat laminer (atau semi laminer) berubah sifat menjadi ailiran turbulen. ada orang yang mengatakan peristiwa ini disebut mestakung (Semesta mendukung) dimana ketika terjadi suatu peristiwa mencapai peristiwa kritis, dia akan berubah secara tanpa sadar melewati batas kemampunnya. contoh sederhana ketika kita dikejar anjing, kita yang biasanya tidak bisa meloncat melewati pagar menjadi dengan sukses mampu melewatinya. stop!!!


Mari kembali ke cerita pagi ini, pulang dari warung soto dan "air terjun" dengan membawa koran Jawa Pos" sekedar untuk bahan bacaan ringan sambil mata terkantuk-kantuk. berita hari ini: hasil undian liga Champion UEFA: Barca vs Arsenal, wuedan tim terbaik tahun 2009 bertemu tim terbaik sepanjang masa (versi saya). apa yang akan terjadi oh God tak sabar menunggu tanggal 29 Maret seperti tak sabarnya menunggu tanggal 11 Juni untuk mendengan pluit kick off world cup. Berita lainnya tentang POLRI ANCAM PIDANAKAN SUSNO: jika para Jendral bertengkar, apa yang akan terjadi ya? jika penegak hukum sibuk terhadap urusannya sendiri gimana ya? ah semoga saja mereka mampu melewatinya demi menjadi lembaga yang lebih baik, bagaimanapun negeri ini memerlukan mereka sebagai piranti penjaga kestabilan bermasyarakat. hanya catatan panjang tentang perbaikan semua institusi mungkin jauh lebih panjang mengalahkan panjangnya jalan kenangan-nya Tetty Kadi ... lalu tentang Mas Obama yang kunjungannya ke Indonesia di tunda... (saya nggak tahu patungnya jadi ditunda nggak peluncurannya..)

Akhirnya kopi yang ditunggu-tunggu telah tiba. terimakaih nanda sule istriku satu-satunya. warnanya yang hitam, aromanya yang membawa aroma gosong hasil pembakaran, rasanya yang pahit bercampur manis, dan sedikit asam menerobos otakku membawa pesan kafein untuk menyegarkan mataku. kopi yang didapat dari kebaikan saudaraku di Lampung sungguh lezzat. untuk sampai di gelasku kopi telah bergelut dalam sejarah yang panjang. berawal dari penduduk etopia yang merasa mandapat tambahan energi ekstra setelah memakan buah sejenis berri dan mencampurnya dengan lemak hewan pada sebelum tahun 1000an.. pada tahun 1000an penduduk etopia masuk ke Arab dan dan orang arab pun banyak yang pergi ke etiopia sebagai pedagang dan pada saat inilah pedagang arab membawa kopi masuk arab dan menanamnya dan merebus mendidihkan dan menjadikannya minuman yang dimaksud qahwa. kopi yang menyebar di Arab disebut Arabica. pada abad 15 kopi mulai memasuki turki. pemerintah Ottoman membebaskan perdagangan kopi sehingga kopi tersebar luas. pada tahun 1554 warung kopi pertama muncul di Istanbul dengan sebutan Quhveh khaneh. kopi masuk Indonesia dibawa Belanda pada tahun 1696, di Eropa sendiri kopi tidak cocok untuk pertumbuhannya karena cuacanya yang dingin. pulau jawa menjadi area utama produksi kopi, lalu sumatera menjadi area penanaman kopi. saat ini kopi panas tersedia dalam secangkir gelasku dan kaffe-Kanante nya Bach (1732) mengiringi ingatan: " Ah Betapa nikmatnya rasa kopi! lebih nikmat daripada ribuan ciuman, jauh lebih manis daripada anggur yang paling manis! aku harus merasakannya."
Maka dengan semangat kopi, aku akan menjalani hari ini untuk mengantar Bintangku mandi Bola dan bermain... karena perjalanan ulak-alik akan terjadi lagi dalam sebulan kedepan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar