Senin, 19 September 2011

HARI INI SAYA BUANG KERTAS BEKAS

Hari ini diselasela pekerjaan saya mengerjakan bersih-bersih meja sendiri, meja orang lain mah saya biarin, lha wong yang kotor cuma meja saya sendiri ;) dari sekian banyak yang dibuang adalah kertas-kertas bekas yang tidak terpakai. mungkin ada lima puluh lembar kertas yang tidak terpakai yang saya buang.. ini diluar kertas yang langsung saya buang kalo salah tulis, salah ngeprint, salah narik, salah-salah yang lain. jika dirasa-rasa mungkin ada sekitar 100 lembar perbulan kertas yang saya buang, kondisi ini kondisi sepi (he..he.. kaya iklan waralaba..)

Konon katanya salah satu blog: untuk membuat 1 rim diperlukan 1 buah pohon kayu umur lima tahun. jadi selama setahun saya memerlukan 2 buah pohon kayu untuk dijadikan kertas lalu dibuang ke tempat sampah... (ada yang nggak ngerti kenapa butuh 2 pohon? ini memang perhitungan rumit: kira-kira hitungannya seperti ini: 1 tahun= 12 bulan setiap bulan habis 0,2 rim jadi tiap 5 bulan saya membuang 1 rim maka 1 tahun saya buang 2 rim!!! masih ada yang ngerti juga? nggak apa2, hitungan nya rumit kok.. kita bisa ngerti ;))

nah jika satu orang PNS membuang 2 rim setahun maka dengan jumlah PNS Indonesia yang 4 juta orang maka kita membuang 8 juta rim kertas setiap tahun... artinya 8 juta pohon ditebang lalu dibuang!!

ini dari jumlah kertas yang dibuang, belum pemborosan dari penggunaan kertas untuk laporan yang hanya digunakan satu halaman saja halaman sebaliknya dibiarkan kosong!!! Seandainya saya jadi PEJABAT PEMBUAT KERTAS maka akan saya instruksikan kepada bawahan saya bahwa" SETIAP LAPORAN HARUS DIGUNAKAN KERTAS BOLAK-BALIK!!!" dengan gitu kita bisa ngehemat 50% Coyy !!

1 komentar: